"Erika Sawajiri" A.K.A "Kaoru Amane"

"Erika Sawajiri" (沢尻エリカ, Sawajiri Erika?, Lahir 8 April 1986; umur 24 tahun) adalah seorang aktris sekaligus penyanyi dan juga model asal Jepang. Lahir dari ibu Aljazair-Perancis, dan ayah berkebangsaan Jepang.

PhotobucketCantik KhaN ?!!


Sebagai penyanyi, ia pernah menggunakan nama alias Kaoru Amane, dan sekarang sebagai ERIKA (dalam huruf besar). Erika Sawajiri berada di bawah kantor manajemen Stardust Promotion.

Profil
- Lahir Sawajiri Erika (沢尻エリカ?)
- 8 April 1986 (umur 24) di Nerima, Tokyo
- Nama lain Kaoru Amane,Kacchan, Aachan
- Tahun aktif 2001 – sekarang

Karier
Erika memulai kariernya sebagai model sewaktu masih duduk di kelas 6 sekolah dasar (tahun 1997). Ia tampil pertama kali di majalah shojo manga Ribon, dan majalah fesyen Nikola. Sesudah lulus SD, Erika memenangi audisi dan diterima sebagai artis di Stardust Promotion.

Pada tahun 2002, Erika terpilih sebagai salah satu pemenang kontes Fuji TV Visual Queen. Tahun berikutnya (2003), ia memulai kariernya di layar televisi dalam serial drama Hotman yang ditayangkan jaringan televisi TBS. Debutnya di layar perak dimulai dengan film Mondai no nai Watashitachi pada tahun 2004. Tahun berikutnya (2005), penampilannya dalam film Pacchigi! (2005) sebagai Lee Kyung-ja banyak mendapat pujian, dan menghasilkan sejumlah penghargaan sebagai aktris pendatang baru terbaik.

Pada tahun 2005, ia berhasil mendapat peran utama dalam serial drama 1 Litre of Tears. Drama 1 Litre of Tears yang berdasarkan kisah nyata ini memiliki versi Indonesia berjudul Buku Harian Nayla dengan cerita yang sama. Pada tahun 2006, Erika mendapat Penghargaan Élan d'or sebagai aktris pendatang baru terbaik, dan juga aktris pendatang baru terbaik menurut versi Penghargaan Golden Arrow.

Pada tahun 2006, Erika menjadi peran utama dalam serial drama Taiyou no Uta. Serial drama ini merupakan versi layar kaca dari film Midnight Sun yang diperankan oleh Yui. Serial drama tersebut ditayangkan di Jepang oleh stasiun televisi TBS dari bulan Juli hingga September 2006. Dalam drama tersebut, ia menyanyikan lagu tema dengan menggunakan nama Kaoru Amane. Lagu "Taiyou no Uta" menjadi lagu hit dan menduduki puncak tangga lagu Oricon selama dua minggu. Sepanjang tahun 2006, Erika Sawajiri tampil dalam film Sugar&Spice, Ghost Train (Otoshimono), Tenshi no Tamago - Angel Egg, dan Tegami.

Pada 16 Juli 2007, sebagai ERIKA, ia merilis singel berjudul "Free" yang begitu dirilis langsung menduduki urutan nomor satu tangga lagu Oricon.

Kehidupan pribadi
Erika dilahirkan sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya yang pernah memiliki sebanyak 16 ekor kuda pacu, meninggal dunia karena kanker ketika Erika kelas 3 SMP. Kakak laki-laki nomor dua meninggal karena kecelakaan mobil ketika Erika duduk di kelas 1 sekolah menengah atas. Ibunya pernah mengelola sebuah restoran Mediterania. Di restoran tersebut dipasang poster Erika Sawajiri, dan Erika kadang-kadang datang membantu ibunya. Namun restoran tersebut sekarang sudah tutup. Kakak tertuanya adalah juga seorang aktor. Erika masih tinggal satu apartemen dengan ibunya, dan hanya berbeda lantai.

Filmografi
Film
* Mondai no nai Watashitachi (2004)
* Pacchigi! (Kelak Kita ‘kan Mengalahkannya) (Asmik Ace, 2005)
* Ashurajō no Hitomi (Shochiku, 2005)
* "SHINOBI Heart Under Blade" (Shochiku, 2005)
* Mamiya Kyodai (Asmik Ace, 2006)
* Sugar&Spice (Toho, 2006)
* Ghost Train (judul asli: Otoshimono, Shochiku, 2006)
* Tenshi no Tamago (Shochiku, 2006)
* Tegami (Gaga Communications, 2006)
* Closed Note (Toho, 2007)

Serial drama
* Hotman (TBS, 2003)
* Hitonatsu no Papa e (TBS, 2003)
* Sakura Saku made (MBS, 2004)
* Aikurushii (TBS, 2005)
* "1 Litre of Tears" (judul asli: Ichi Littoru no Namida, Fuji Television, 2005)
* A Song to the Sun (TBS, 2005)

Drama spesial
* NorthPoint Friends (Hokkaido Cultural Broadcasting, 2 Februari 2003)
* Fuyuzora ni Tsuki wa Kagayaku (Fuji Television, 11 Februari 2004)
* Cheers - Tengoku e no Ouenka (NTV, 3 April 2004)
* "Mumei (TBS, 13 November 2004)
* The Winds of God (tv asahi, 10 September 2005)
* Tenshi no Hashigo (Fuji Television, 22 Oktober 2006)
* 1 Litre of Tears (episode spesial: "Tsuioku", Fuji Television, 5 April 2007)

Diskografi
Kaoru Amane
1. "A Song to the Sun" (タイヨウのウタ - Taiyou no Uta)

ERIKA
1. "Free" (4 Juli 2007)
2. "Destination Nowhere" (28 November 2007)


- Situs resmi Erika Sawajiri
- Profil Erika Sawajiri di situs web Stardust Promotion
- Situs resmi Kaoru Amane
- Situs resmi ERIKA

Sumber : Wikipedia

3 komentar:

Eja Razif mengatakan...

xkenal erika nih..tp suka nama erika...;')

dareblo mengatakan...

another erika fans,,like it....perbanyak lagi postingan erika nya,,,,,,,

wisata mengatakan...

erika artis favorit gue gan,...

:hi :-) :*) :ok :s) :D :o) :thx
:B) :)) J:) :-J :x :(( :| :(
:iq :# :? #-o :@ J:P :o :-o




Posting Komentar

Berikan Comment Anda untuk Kemajuan Blog ini..!!

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates